QRCODE adalah singkatan dari Quick Response CODE atau yang sering disebut juga sebagai Kode QR. Kode QR ini dapat menampung berbagai macam data, bahkan saat ini sudah mulai digunakan untuk pengkodean dalam sebuah transaksi pembayaran.

Password adalah salah satu cara untuk verifikasi identitas diri terhadap sistem. Sering kali Passwrod dipaketkan dengan Username sebagai identitas diri terhadap sistem, sehingga cara kerja password cukup sederhana yaitu verifikasi password terhadap username.

Bootstrap adalah salah satu framework yang digunakan untuk merancang tampilan aplikasi web. Banyak fitur-fitur yang terdapat dibootstrap, salah satunya yaitu adalah modal.

PHP memiliki sebuah fungsi yang dapat menghapus spasi diawal dan akhir string yaitu trim. Fungsi trim sangat bermanfaat untuk membersihkan spasi diawal string maupun diakhir string yang tidak sengaja diinput oleh user.

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi pengolah angka yang dapat membantu untuk kebutuhan pengelolaan data yang memerlukan rumus dalam pengelolaannya seperti laporan-laporan harian dengan beberapa tabel data yang akan dihitung.

Terkadang kita membutuhkan posisi sebuah karakter atau kata tertentu untuk dikombinasikan dengan fungsi PHP lainnya. Fungsi strpos() yang ada di PHP adalah salah satu fungsi yang dapat digunakan untuk keperluan tersebut.

Format tanggal default MySql adalah YYYY-MM-DD atau Tahun-Bulan-Hari dengan nama bulan menggunakan bahasa Inggris, sedangkan di Indonesia menggunakan format DD-MM-YYYY. Sehingga diperlukan konversi dari format MySql ke Indonesia.

Salah satu fungsi PHP adalah melakukan formating string text agar menjadi lebih rapi. Fungsi tersebut dapat digunakan untuk merapikan data hasil input dari user-user yang terkadang user inputnya tidak memperhatikan huruf besar ataupun huruf kecilnya.

Sudah pernah coba menggunakan rumus COUNTIF? COUNTIF adalah salah satu rumus turunan COUNT yang ada di Microsft Excel, dimana rumus COUNTIF berfungsi untuk menjumlahkan banyaknya data berdasarkan kriteria tertentu.

Mungkin anda pernah mengalami ketika anda akses sebuah website, website tersebut menampikan IP dan jenis browser yang anda gunakan dalam mengunjungi website tersebut.

Untuk menyisipkan link didalam teks, ada salah satu tag html yang dapat digunakan yaitu <a href=""></a> dengan cara penggunaannya yaitu <a href="alamat_url">Teks yang ingin ditampilkan</a>.

Dalam proses pengelolaan data tertentu, terkadang kita memerlukan yang namanya mengambil sebagian karakter dari depan, tengah ataupun belakang. Seperti generate username yang diambil dari beberapa karakter nama depan.

Nomor handphone sering kali digunakan untuk mengirim kata sandi sementara atau yang sering disebut One Time Password (OTP), sehingga keamanan akun pengguna tersebut lebih terjamin keamanannya terhadap transaksi yang terjadi pada situs tersebut.

Salah satu proses verifikasi dalam sistem adalah dengan melakukan pencocokan kode unik yang diterima oleh pengguna dengan sistem yang telah membuat kode unik tersebut.

Pada umumnya, undian doorprize dilakukan dengan mencetak dua kupon pada masing-masing nomor undian. Satu untuk dibagikan kepada peserta undian dan satu lagi disimpan pada sebuah kotak undian yang ada dipanitia.

Terkadang kita dijumpai dengan masalah pada saat membuat text area yang hanya diperbolehkan mengetik beberapa kata. Kesulitan tersebut terjadi ketika menghitung sudah berapa banyak kata yang diinput oleh user?

Nomor handphone adalah salah satu kontak pribadi yang paling mudah dihubungi, sehingga terkadang kita membuat form yang mengharuskan mengisi nomor handphone pengguna.